Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PTK Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI-1 dengan Model Discovery Learning Materi Macam-Macam Mad di MIN 8 Aceh Besar tahun 2019


PTK Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI-1 dengan Model Discovery  Learning Materi Macam-Macam Mad di MIN 8 Aceh Besar tahun 2019


BAB I

PENDAHULUAN



A.   Latar Belakang


Keberhasilan dalam pembelajaran adalah tujuan yang ingin dicapai dalam setiap kegiatan belajar mengajar di kelas. Dalam hal ini biasanya peserta didiklah yang menjadi tolok ukur penentu keberhasilan tersebut. Meskipun peserta didik menjadi tolok ukur keberhasilan suatu pembelajaran, sebenarnya bukan hanya peserta didik yang berhak untuk dievaluasi. Karena disamping faktor dalam diri peserta didik, terdapat faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran di kelas, diantaranya adalah guru. Guru menempati peranan kunci dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Peranan kunci ini dapat diemban apabila ia memiliki tingkat kemampuan profesional yang tinggi. Untuk setiap jenjang pendidikan (mulai dari TK, SD, SLTP sampai SMU/SMK), kemampuan profesional  guru  itu  tidak  diukur  dari  kemampuan  intelektualnya,  melainkan  juga dituntut untuk memiliki keunggulan dalam aspek moral, keimanan, ketaqwaan, disiplin, tanggung  jawab,  dan  keluasan  wawasan kependidikannya  dalam  mengelola  kegiatan pembelajaran (Departemen Agama RI, 2001, hal. 23) .
Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki guru adalah kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan proses belajar mengajar. Kemampuan ini membekali guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengajar. Belajar dan mengajar terjadi pada saat berlangsungnya interaksi antara guru dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran. Sebagai proses, belajar dan mengajar memerlukan perencanaan yang seksama, yakni mengkoordinasikan unsur-unsur tujuan, bahan pengajaran, kegiatan belajar-mengajar, pendekatan dan alat bantu mengajar serta penilaian/evaluasi. Pada tahap berikutnya adalah melaksanakan rencana tersebut dalam bentuk tindakan atau praktek mengajar (Sujana, 2011, hal. ix).
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis di madrasah, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah peserta didik yang tidak memiliki dorongan belajar. Sehingga nilai rata-rata mata pelajaran QURDIS sangat rendah, hanya mencapai 55,00 pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini disebabkan karena guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan pendekatan ceramah, tanpa menggunakan alat peraga, dan materi pelajaran tidak disampaikan secara kronologis. Ketidaksiapan dan kurang antusiasnya peserta didik dalam menganalisis masalah dalam soal adalah bukti kegagalan dalam pembelajaran yang diakibatkan dari peserta didik kurang termotivasi dalam belajar karena adanya stimulan yang kurang. Pada pembelajaran materi Macam-Macam Mad, sebagian peserta didik terlihat kurang responsif dan antusias dalam menerima pembelajaran. Nampak sebagian peserta didik terlihat kebingungan dengan penjelasan guru. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik belum sepenuhnya mampu memahami materi Macam-Macam Mad dengan baik dan benar.
Perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan untuk meningkatkan penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap materi Macam-Macam Mad. Penulis mencoba menerapkan salah satu pendekatan pembelajaran, yaitu pendekatan penemuan  (discovery) untuk mengungkapkan apakah dengan  pendekatan  penemuan  (discovery)  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  mata pelajaran QURDIS materi Macam-Macam Mad. Penulis memilih pendekatan pembelajaran  ini  untuk  mengkondisikan  peserta  didik  agar  terbiasa  menemukan, mencari, dan mendikusikan sesuatu yang berkaitan dengan pengajaran.
Pendekatan penemuan (discovery) dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam memecahkan suatu masalah, sedangkan guru berperan sebagai pembimbing dan memberikan petunjuk cara memecahkan masalah tersebut. Dari latar belakang tersebut, maka  penulis  mengambil  judul  Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI-1 dengan Model Discovery  Learning Materi Macam-Macam Mad di MIN 8 Aceh Besar tahun 2019, untuk diteliti lebih lanjut.

B.   Rumusan Masalah


Berdasarkan  latar  belakang  masalah  di  atas,  maka  rumusan  ma salah  dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimanakah penerapan pendekatan discovery learning mapel QURDIS materi Macam Mad    pada  peserta  didik  kelas  VI  di  MIN 8 Aceh Besar Tahun 2019?
2. Apakah pendeketan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI mata pelajaran Qurdis materi Macam-Macam Mad  di MIN 8 Aceh Besar Tahun 2019 ?

C.   Tujuan dan Manfaat Penelitian


Sesuai dengan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk :

1. Mengetahui  penerapan  pendekatan  discovery  learning  mata  pelajaran  QURDIS  materi Macam-Macam Mad    pada  peserta  didik  kelas  VI  di  MIN 8 Aceh Besar Tahun 2019.
2. Meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah  diterapkannya pendekatan discovery learning mata pelajaran QURDIS materi Macam-Macam Mad   pada peserta didik kelas VI di MIN 8 Aceh Besar Tahun 2019.
Penulis berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi :

1. Guru

a) Menemukan pendekatan/media yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

b) Membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan pemahaman tentang materi Macam-Macam Mad.
c) Tumbuh  kepuasan  dan  rasa  percaya  diri  yang  dapat  dijadikan  modal  untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien.
2. Peserta didik

a) Menciptakan suasana baru yang dapat meningkatkan gairah belajar peserta didik.
b) Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran QURDIS materi Macam-Macam Mad.
3. Madrasah

a) Memberikan   masukan   bagi   madrasah   sebagai   pedoman   untuk   mengambil kebijakan di madrasah tersebut.
b) Meningkatkan kualitas madrasah.