Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis Video Teori Belajar Kontruktivistik

 

Analis Video Teori Belajar Kontruktivistik

Pokok permasalahan yang didapatkan oleh Guru Toni adalah siswanya dalam kondisi yang kurang aktif didalam pembelajaran yang ia laksanakan. Adapun cara yang ia lakukan adalah dengan mengaplikasikan teori belajar konstruktif dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis pada masalah .

Guru Toni memilih aktifitas belajar dengan meyuruh agar siswanya bisa terlibat langsung dalam realita yang sesungguhnya mengenai masalah yang berhubungan dengan cara mengurangi limbah dengan mengemukakan pertanyaan pokok yang harus dijawab oleh siswanya yakni bagaimana kita dapat mengurangi limbah untuk membantu melestarikan sumber daya bumi?

Dengan mengajukan pertanyaan itu, Guru Toni mengharapkan agar setiap siswa dapat melakukan rangkaian kegiatan seperti berikut ini:

  1. Guru Toni mengharapkan agar seluruh siswa mengadakan kunjungan ketempat limbah lokal dan juga tempat daur ulang untuk belajar secara langsung bagaimana cara limbah itu diolah dengan proses daur ulang Guru Toni meminta siswa menyaksikan secara langsung melihat, merasakan, dan melakukan proses berpikir secara tindakan nyata dalam pembelajaran. Ini tentu lebih terkesan bagi siswa karena mereka belajar secara langsung dengan nyata di dalam kehidupannya.
  2. Guru Toni juga memberikan tugas kepada siswa untuk menimbang dan mencatat berapa kilogram makanan yang dibuang keluarga mereka ke dalam sampah biasa setiap hari, pemelajaran seperti ini adalah proses pelibatan siswa secara langsung dalam merasakan dan menghitung jumlah sampak yang mereka buang setiap hari.
  3. Setelah siswa bisa memahami setiap masalah tersebut maka, Guru Toni memberika tugas kepada siswa untuk secara berkelompok dan melakukan penelitian lebih lanjut untuk masalah tersebut dengan mencari informasi yang ada di buku, internet dan melalukan wawancara terhadap orang yang bekerja dibidang itu ditempat mereka tinggal. Pembelajaran seperti ini bisa membuat siswa lebih kreatif dalam mencari sumber masalah di dalam referensi yang ada dan kritis dalam mencari solusi dengan usaha mereka sendiri di lingkungan yang mereka hadapi.
  4. guru Toni kemudian memberikan tugas akhir kepada siswa untuk mendemonstrasikan hasil kerja yang mereka kerjakan dan solusi yang mereka dapatkan terhadap pertanyaan penting dari awal yang diajukan oleh Guru Toni

Analisis Video Terhadap Model Pembelajaran Guru Toni Dengan Teori Belajar Kontruksivistik

Guru Toni telah melakukan banyak hal yang sangat membantu dalam proses belajar siswanya dengan menggunakan prinsip-prinsip teori kontruksivistik karena:

  • Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri dengan melihat dan mengamati langsung proses pembelajaran dalam dunia nyata.
  •  Guru Toni tidak melakukan transfer pengetahuan secara langsung kepada siswa melainkan dengan hanya dengan keaktifan siswa sendiri untuk menalar dan kreatif dalam mencari sumber belajar dan kritis dalam menganalisa.
  • Siswa aktif megkontruksi secara terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep ilmiah dan menemukan solusi dalam pembelajarannya
  • Guru sekedar membantu menyediakan saran dan situasi agar proses kontruksi berjalan lancar.
  • Guru Toni mampu untuk memilih masalah dalam pembelajaran yang relevan dengan kehidupan  siswa secara langsung.
  • Guru Toni mampu untuk menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan dan bertindak, dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa