Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Luring Darurat Covid Materi Masa Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia


RPP Luring Darurat Covid Materi Masa Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19

Nama Madrasah        : MIS Banda Masen
Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester         : V / Ganjil
Alokasi Waktu           : 1 x pertemuan
Materi Pokok             : Masa Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia


A.   Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan di rumah peserta didik mampu menyebutkan  faktor-faktor penting penyebab penjajahan  bangsa Indonesia dengan tepat.
2. Melalui kegiatan di rumah peserta didik mampu  menyajikan gambar garis waktu secara kronologis masa penjajahan bangsa asing di Indonesia dengan benar.

 B.   Media dan Sumber Belajar
1.   Media/Alat : Laptop/Hp (Via Whats Aap group kelas 5) ,Internet,
2.   Sumber Belajar : Buku Guru dan Buku Siswa kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Jakarta :  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Buku Bupena Tematik Terpadu Jilid 5, Penerbit Erlangga.

C.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Pendahuluan
1.  Kelas dibuka dengan salam , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik dengan bantuan orang tua menulis nama di daftar hadir di group kelas 5 Muthmainnah.
2.  Guru mengingatkan siswa sebelum pembelajaran dimulai harus berdo’a terlebih dahulu.
3.  Guru memberikan penguatan kepada orang tua dan siswa tentang pentingnya belajar di rumah dan tetap menjaga kesehatan.
Kegiatan Inti
1.  Guru mengirim materi pembelajaran dalam bentuk word tentang  materi masa penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia.
2.  Peserta didik di minta untuk membaca dan memahami materi yang telah dikirim.
3.  Guru memberikan penjelasan tentang tugas yang harus dikerjakan peserta didik setelah membaca dan memahani materi.
4.  Guru meminta orang tua peserta didik untuk tetap membimbing anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
5.  Jika ada yang kurang jelas dengan tugas yang diberikan, orang tua peserta didik dapat bertanya melalui grup kelas 5 Muthmainnah
6.   Peserta didik  dengan bantuan orang tua dapat mengirim kembali tugas yang telah diberikan dengan mengirim foto tugas melalui whats aap pribadi
Penutup
1.  Guru memberikan penguatan kepada siswa untuk tetap semangat belajar di rumah dengan bimbingan orang tua dan mengingatkan kembali agar tetap menjaga kesehatan.
2.  Guru mengingatkan siswa untuk berdo’a setelah selesai proses pembelajaran yang dilakukan di rumah.

D.  Penilaian

Penilaian Sikap : keaktifan peserta didik
Penilaian Pengetahuan : soal uraian

  • Tuliskan 4 tujuan utama dari bangsa Eropa mendatangi negeri-negeri timur yang melimpah kekayaannya termasuk Indonesia! ( bobot 9)
  • Sebutkan tujuan pertama Belanda datang ke Indonesia?(3)
Penilaian Keterampilan : Melengkapi kronologis masa penjajahan bangsa asing di Indonesia dengan gambar garis waktu yang tersedia di Lembar peserta didik.


                                                                 Lhokseumawe, 7 Juli 2020
    Mengetahui,
Kepala Madrasah                                              Guru Kelas