Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Tugas Akhir Modul 6 Pedagogig tentang Evaluasi


Modul 6 PPG Dalab kelas pedagogig menjelaskan tentang pengukuran, evaluasi, tes dan penilaian. Hasil yang diharapkan dari modul ini adalah seorang guru mampu melakukan evaluasi pembelajaran dengan baik dalam menilai dan mengukur setiap aktifitas peserta sehingga menghasilkan nilai yang objektif, efektifdan efisien untuk kepentingan pembelajaran. 

Disamping dari pada itu, seorang guru juga diharapkan untuk bisa membuat dan mengembangkan soal tes tertulis untuk peserta didik baik berupa soal tes essay, benar salah, jawaban singkat dan pilihan ganda untuk bahan evaluasi peserta didik.

Sebagai contoh misalkan seorang guru ingin membuat soal dalam bentuk pilihan ganda, maka perlu dikembangkan langkah-langkah penyusunan soal sebagai berikut:
  1. Merumuskan Tujuan Tes yang mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah tercantum tujuan pembelajaran, Kompetensi Dasar (KD), dan indikator.
  2. Menentukan Bentuk Pelaksanaan Tes dengan mempertimbangkan tujuan, karakteristik materi, peserta didik, fasilitas, dan lainnya.
  3. Menyusun Kisi-Kisi yang dapat dijadikan pedoman dalam menulis atau merakit soal.
  4. Menulis Butir Soal Tes dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti setiap soal memiliki alternative jawaban lebih dari dua. Umumnya pilihan jawabannya pada setiap soal itu ada 4 (empat) atau 5 (lima). Kemudian Soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Dan juga Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan pengecoh (distractor)
  5. Adapun yang terakhir adalah mengkaji ulang setiap Soal yang sudah ditulis sebelum digunakan. dengan demikian seorang guru dapat mengetahui kualitas soal ditinjau dari substansi materi, konstruksi, dan bahasa yang digunakan.
Untuk penjelasan lebih lanjut tentang evaluasi dan pengukuran beserta dengan tugas Akhir modul 6 untuk peserta PPG Daljab silakan download di link berikut: