Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Makkiyah Dan Madaniyah Dalam Ilmu Al-Qur'an

 

Karakteristik Makkiyah Dan Madaniyah Dalam Ilmu Al-Qur'an
Apabila ditinjau dari segi tempat turunnya Al-qur'an, maka secara garis besar terbagi atas dua bagian, yaitu makkiyah dan madaniyah. Kajian tentang makkiyah dan madaniyah adalah sesuatu yang sangat penting dalam ulumul qur'an karena dengan dengan mengetahuiilmu ini dapat membedakan fase penting turunnya al-quran baik pada tataran isi maupun struktur. 
Para ulama menyebutkan bahwa  ayat Makkiyah merupakat ayat al-quran yang turun di Makkah dan sekitarnya seperti Mina, Arafah, Hudaibiyah, dan lainnya sebelum Nabi Hijrah ke Madinah. Sedangkan ayat Madaniyah merupakan ayat yang turun setelah Nabi berhijrah ke Madinah. 
Dasar penetapan dua model di atas adalah dengan cara sima’iy dan qiyasiy. Pengenalan cara sima’iy merupakan pengetahuan tentang ayat dan surat makkiyah dan madaniyah yang diperoleh berdasarkan riwayat baik dari Hadits Nabi Maupun khabar dari para Shahabat. Sedangkan cara qiyasiy merupakan pengenalan tentang ayat dan surat makkiyah dan madaniyah yang didasari dari kriteria yang lebih menonjol dari ayat tersebut, seperti melalui ciri khitabnya, kandungannya, redaksi dan uslubnya, dan sebagainya. 

Untuk ebih lanjut kajian tentang Makkiyah dan Madaniyah silakan download di sini...!