Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Dalam Metode Penemuan Terbimbing

Langkah Dalam Metode Penemuan Terbimbing

Agar pelaksanaan metode penemuan terbimbing ini berjalan dengan efektif, beberapa langkah yang perlu ditempuh oleh guru matematika adalah sebagai berikut : a) Merumuskan masalah yang akan diberikan kepada siswa dengan data secukupnya berupa LKS, b) Dari data yang diberikan guru, siswa menyususn memproses dan menganalisis sendiri data tersebut sehingga siswa lebih mudah memahaminya, c) Siswa menyususn konjektur (prakiraan) dari analisis yang dilakukannya, kemudian mengkonsultasikan kembali dengan guru, d) Bila dipandang perlu, konjektur yang telah dibuat oleh siswa tersebut diatas diperiksa oleh guru, supaya data yang dihasilkan lebih akurat, e) Apabila telah diperoleh kepastian tentang kebenaran tentang konjektur, maka verbalisasi konjektur sebaiknya diserahkan juga kepada siswa untuk menyusun kembali data yang diperiksa oleh guru, f) Sesudah siswa menemukan apa yang dicari hendaknya guru menyediakan soal latihan atau soal tambahan untuk memeriksa apakah penemuan itu benar atau salah.

Baca juga: Metode Penemuan Terbimbing

Penerapan Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing

Carin dalam Faiz Dzaki memberi petunjuk dalam merencanakan dan menyiapkan pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery Learning) sebagai berikut :

Akan bekerja secara individu atau secara berkelompok yang terdiri dari 2-5 siswa;
Mencoba terlebih dahulu kegiatan yang menentukan tujuan yang akan dipelajari oleh siswa;
Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan penemuan;
Menentukan lembar pengamatan data untuk siswa;
Menyiapkan alat dan bahan secara lengkap;
Menentukan dengan cermat apakah siswa akan dikerjakan oleh siswa. Selanjutnya untuk mencapai tujuan diatas Faiq menyarankan hal-hal dibawah ini:

Membantu siswa untuk memahami tujuan dan prosedur kegiatan yang harus dilakukan;
Memeriksa bahwa semua siswa memahami tujuan dan prosedur kegiatan yang harus dilakukan;
Menjelaskan pada siswa tentang cara bekerja yang aman;
Mengamati setiap siswa selama mereka melakukan kegiatan;
Memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengembalikan alat dan bahan yang digunakan;
Melakukan diskusi tentang kesimpulan untuk setiap jenis kegiatan.

Baca juga: Kajian Aspek Pendidikan

Kelebihan dan Kekurangan Metode Penemuan Terbimbing

Kelebihan dari metode penemuan terbimbing adalah sebagai berikut:
  1. Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang disajikan
  2. Menumbuhkan sekaligus menanamkan sikap inquiry (mencari-temukan)
  3. Mendukung kemampuan problem solving siswa,
  4. Memberikan wahana interaksi antar siswa, maupun siswa dengan, dengan demikian siswa juga terlatih untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,
Materi yang dipelajari dapat mencapai tingkat kemampuan yang tinggi dan lebih lama membekas karena siswa dilibatkan dalam proses menemukannya.Sementara itu kekurangannya adalah sebagai berikut:

Untuk materi tertentu, waktu yang tersita lebih lama,
Tidak semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan cara ini. Dilapangan, beberapa siswa masih terbiasa dan mudah mengerti dengan model ceramah,
Tidak semua topik cocok disampaikan dengan model ini. Umumnya topik-topik yang berhubungan dengan prinsip dapat dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing.